Jumat, 07 Oktober 2011

Pengaruh Teknologi Pendidikan Terhadap Proses Pendidikan

  Definisi teknologi pendidikan/pembelajaran yang direvisi dan dikeluarkan pada tahun 1994 menjelaskan bahwa “Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan sumber untuk belajar.

Teknologi Pendidikan merupakan suatu ekspresi dari scientific movement atau gerakan ilmiah yang telah dirintis oleh Aristoteles dan bergerak terus melalui Wundt, Pavlov, Thorndike, Skinner, yang telah berkembang pesat hingga masa kini.

 Sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan dapat mengukur keberhasilan pelajaran dengan ketercapaian tujuan yang ditetapkan. Bila tujuan itu tidak dapat tercapai maka ada kekurangan dalam proses mengajar-belajar itu. Secara empiris dapat dicari melalui percobaan, cara manakah yang paling serasi untuk mencapai hasil yang ditentukan, hal ini dapat dilakukan dengan pendekatan teknologi pendidikan. Lembaga tersebut dapat menggunakan metode ilmiah untuk menguji-cobakan hipotesis-hipotesis tentang cara yang paling efektif guna mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

   Peranan teknologi pendidikan sangat besar yang tidak hanya dipraktikkan di lingkungan pendidikan dasar dan menengah saja, tapi dewasa ini sudah merambah ke dalam pelatihan militer, pendidikan orang dewasa, dan pendidikan tinggi, termasuk juga dikembangkan pada pelatihan karyawan di sektor swasta. Sebagai konsekuensinya, dalam lingkungan saat ini terdapat peningkatan konsentrasi pada isu-isu yang berhubungan dengan perubahan organisasi, perbaikan kinerja, dan analisa manfaat biaya.

   Teknologi pendidikan sangat berpengaruh positif bagi terciptanya situasi pendidikan kondusif yang efektif dan efisien. Sedikitnya hal ini dapat berpengaruh pada beberapa lini, baik berpengaruh pada peningkatan profesi guru dalam sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan; peningkatan pemahaman peserta didik; hingga berpengaruh pada keberhasilan lembaga pendidikan dan pelatihan. Termasuk yang paling utama adalah bahwa teknologi pendidikan berpengaruh dalam pengenalan awal teknologi kepada peserta didik.

Sebagaimana diketahui bahwa salah satu manfaat dari Teknologi Pendidikan adalah untuk menetapkan pemikiran yang sistematis tentang pendidikan, menerapkan metode problem solving dalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat-alat komunikasi modern, dan dapat juga dilakukan tanpa alat-alat tersebut. Dan melihat tujuan ini, maka Teknologi Pendidikan sangat berpengaruh dalam sebuah lembaga Pendidikan dan Pelatihan, terutama dalam melakukan uji-coba hipotesis penggunaan metode pembelajaran yang paling efektif yang dapat diterapkan.

Di antara pengaruh Teknologi Pendidikan dalam lembaga pendidikan adalah:

1.      Teknologi pendidikan berpengaruh pada peningkatan profesi guru dalam sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan.

2.      Teknologi pendidikan berpengaruh pada peningkatan pemahaman peserta didik.

3.      Teknologi pendidikan berpengaruh pada keberhasilan lembaga pendidikan dan pelatihan.

4.      Teknologi pendidikan berpengaruh dalam pengenalan awal teknologi kepada peserta didik.


download powerpointnya DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar